Goa Putri Kencono, Tempat Semadi Putri Kencana Wungu ?

Estimated read time 2 min read

Pracimantoro, Goa Putri Kencono merupakan salah satu Goa Putri Kencana satu dari sekian goa kawasan Karst Gunung Sewu yang tidak hanya memiliki daya tarik edukasi akan tetapi juga diiringi mitos-mitos sejarah. Letaknya di di Desa Wonodadi Kecamatan Pracimantoro atau 45 KM arah selatan Kota Wonogiri. Untuk bisa sampai ke lokasi bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat dengan infrastruktur jalan memadai.

Goa Putri Kencono masuk dalam kawasan karst Gunung Sewu dengan menyuguhkan keindahan stalagtit dan stalagmit didalamnya. Menurut sejarah, Goa Putri Kencono ditemukan pertama kali pada tahun 1991 oleh seorang pencari batu lintang dari Dusun Wonodadi.

Goa ini memiliki panjang lorong sejauh kurang lebih 121 meter dengan lebar sekitar 4 meter dan tinggi juga 4 meter. Didalamnya terbagi menjadi 7 ruang yang masing-masing diberi nama tersendiri sebagai berikut :

  1. Ruang Tamu. Merupakan goa paling luar dan konon dijadikan sebagai ruang tamu oleh Putri Kencana Wungu. Dia adalah seorang putri dari kerajaan Majapahit yang mengembara hingga daerah ini.
  2. Ruang Kebudayaan. Sebuah ruang goa yang didalamnya terdapat setelah Ruang Tamu yang dahulu digunakan sebagai tempat berhubungan dan aktivitas secara mistik.
  3. Ruang Kepustakaan. Merupakan ruang goa yang sering digunakan oleh Putri Kencana Wungu beserta kerabat kerajaan bercengkerama, karena disini terdapat sebuah sendang yang diberi nama Sendang Pangupasan. Konon bagi siapapun yang bisa melihat atau menyentuh Sendang gaib ini berarti orang tersebut benar-benar masih suci.
  4. Ruang Jumenengan. Di ruang Jumenengan banyak digunakan untuk semadi Putri Kencana Wungu mencari petunjuk Sang Khalik.
  5. Ruang Sarasehan. Sebuah ruang dalam goa yang digunakan sebagai tempat rapat membahas permasalahan kerajaan.
  6. Ruang Panyuwunan. Merupakan ruang tempat melakukan ritual/ panyuwunan oleh Putri Kencana Wungu.
  7. Ruang Keluarga. Sebuah ruang dalam goa yang digunakan untuk melepas penat bersama keluarga kerajaan.

Penasaran? Wisata ke Goa Putri Kencono Desa Wonodadi Kecamatan Pracimantoro yukk.. Ajak serta teman dan keluargamu ya !

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours